Pages

Friday 13 February 2015

Wisata Pemandian Cibulan Kuningan Jabar

Wisata Pemandian Cibulan
Alamat           : Jl. Raya manis kidul Desa manis Kidul
Kecamatan     : Jalaksana

Jenis Wisata   : Spiritual / rekreasi
Daya Tarik      : Kolam Renang, Ikan Dewa, Situs Tujuh Sumur, Danau Batu Gajah, Hutan lindung, Rumah makan Kios makanan, Cinderamata, Sarana Parkir, Mushola, MCK dll.
Jarak Tempuh  : 200 m dari gerbang dan jalan raya jalaksana





Riwayat Singkat
Obyek wisata Cibulan merupakan obyek wisata hutan air yang banyak ditumbuhi pohon-pohon besa. Tinggi, dan rindang serta merupakan sumber mata air yang cukup bagus.
Kolam Cibulan yang banyak dihuni oleh ikan sejenis Kancra bodas ( putih) yang disebut juga ikan dewa. Ikan-ikan tersebut mempunyai misteri yang merupakan daya tarik dan ikan tersebut termasuk ikan langka . obyek wisata Cibulan yang konon adalah merupakan peninggalan wali yang menyebarkan agama Islam dan disana juga terdapat situs petilasan Prabu Siliwangi Raja Pajajaran, dan terdapat Sumur 7 ( tujuh ) yang masing-masing. memiliki khasiat bagi orang yang mempercayainya antara lain :
• Sumur Kejayaan, Cisadane, kemulyaan, kemudaaan, Pengabulan, Keselamatan dan Cirancana
Dan pada waktu tertentu tempat-tempat tersebut banyak diziarahi orang luar kabupaten kuningan
Kolam tersebut dibangun secara permanen sekitar tahun 1939+



Aspek Khusus 
Objek wisata Cibuan terletak di Manis Kidul, Kec. jalaksana. Luas keseluruhan tanah yang dimiliki adalah 5 ha dan untuk luas Kolam Cibulan 600 m, 400 m kolam dewasa, 200 m untuk kolamanak-anak. Serta terdapat fasilitas antara lain :
- Kolam pemandian

- Situ Tirta Wulan
- Situs Sumur 7 ( Tujuh )
- Danau Batu Gajah
- Hutan Lindung
- Rumah Makan
- Kios Makanan dan Cinderamata
- Sarana parkir yg cukup luas
- Mushola- MCK dll.
Aksesibilitas 
Untuk menuju ke tempat rekreasi dan Spiritual ini dapat menggunakan kendaraan pribadi yang akan menempuh jarak 200 m dari Jalan raya/ gerbang masuk Cibulan. Selain itu juga dapat menggunakan angkutan kota dengan jurusan Cirebon - Cirendang dengan biaya Rp. 3.000 – 5.000

No comments:

Post a Comment

 

Sample text

Sample Text

Sample Text

 
Blogger Templates